By - - 0 Comments

PURWAKARTA TVBERITA.com - Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia -  FSPMI Purwakarta  , kembali bergerak dan memblokir pintu pabrik sepatu Bata di cibening Purwakarta . Mereka bergabung dengan puluhan buruh lainnya, yang telah enam hari bertahan di tempat itu . Bergeraknya ratusan buruh pada Jumat sore ( 12 /10 ) itu , karena berhembus kabar PT Bata Tbk akan melakukan pengiriman atau eksport produk .
 
Para buruhpun langsung bergerombol di depan pintu pabrik serta langsung melakukan pemblokiran akses masuk .Pengurus FSPMI cabang Purwakarta Wahyu hidayat pada TVBerita mengatakan,pasukan buruh siap dikerahkan untuk mmenggagalkan proses eksport itu .
 
" Pasukan siap gagalkan rencana eksport , ( meskipun ) pihak management Bata sudah minta (bantuan)Polda agar bisa eksport , " katanya Wahyu yang juga Juru bicara Aliansi buruh Purwakarta ini menambahkan, buruh akan berkumpul dan merapat sepulang kerja .
 
Sementara terkait pengerahan pasukan dari Polda Jawa barat untuk pengamanan eksport, Kapolsek Purwakarta Ajun Komisaris Besar Bahtiar Ujang Permana saat dikonfirmasi TVberita , malah balik bertanya terkait info tersebut .
 
" Info dari mana mas,jangan terpancing info yanjg tidak valid mas , " jawabnya via pesan pendek . Namun Kapolres buru-buru menambahakan,jika memang pihak management Bata minta bantuan pengamanan dari kepolisian khususnya Polda, itu merupakan hak dan tidak melanggar apapun .
 
" Jika itu benar, maka itu hak mereka dan tidak melanggar apapun mas, cuma mungkin pekerja menganggap lain , " tambah Kapolres .Sementara itu salah seorang sumber di jajaran direksi Bata yang enggan disebutkan namanya mengatakan, stok barang memang tersimpan digudang. namun tkidak ada rencana untuk eksport dalam waktu dekat ini . 
 
" Barang memang ada mas, tapi tanda akan eksport belum ada,apalagi malam ini. Indikasi kalau kita eksport,ada tronton yang masuk ke dalam pabrik , " jelas sumber tersebut . Datangnya ratusan buruh ke PT Sepatu Bata membuat arus lalu lintas di jalan raya Cibening tersendat, Polisi mulai sibuk mengatur lalu lintas serta memasang pembatas jalan agar kendaraan yang melintas mengurangi kecepatan . Tidak nampak pasukan Dalmas yang biasanya disiagakan di dalam pabrik . ( Ronny )