BERITA SUBANG

Dukun Palsu Di Ciduk Polres Subang

Manager | Selasa, 14 April 2015 - 19:06:11 WIB | dibaca: 71 pembaca

SUBANG,TVBERITA.COM-Seorang dukun palsu, YS (Yayat Supriatna), 56, warga Kampung Cijengkol RT 21/08 Desa Pringkasap Kecamatan Pabuaran, Subang, dicokok aparat Polsek Kalijati, karena menipu korban dengan dalih menggandakan uang.

Kapolsek Kalijati, AKP H Mashar Junaidi, didampingi Kanit Reskrim, Aiptu Dede Kusyani, mengungkapkan, aksi tipu-tipu dengan modus menggandakan uang ini, bermula ketika korban, Ajum, 51, petani asal Kampung Kareo RT 15/07 Desa Caracas Kecamatan Kalijati, mengeluh kepada pelaku, YS, bahwa dirinya akan membangun kontrakan. Namun, korban mengaku hanya punya uang atau modal sebesar Rp20 juta.

Menanggapi keluhan korban, YS sontak mengaku bisa membantu korban (untuk menggandakan uangnya,red), dengan syarat uang korban harus diberi mantra atau doa terlebih dulu oleh pelaku melalui suatu ritual khusus.

Tertarik atas 'rayuan' itu, korban pun lantas menyerahkan uang Rp20 juta tersebut kepada YS, dan setuju untuk menggelar ritual pemberian mantra bertempat di rumah korban. Saat itu juga, YS bersama korban kemudian masuk ke dalam kamar korban untuk melaksanakan ritual.

Setelah berada dalam kamar, YS menyuruh korban keluar agar mengambil gunting untuk memotong lakban. Rencananya, lakban akan digunakan untuk merekat kardus yang didalamnya berisi uang Rp20 juta milik korban, yang sudah dibungkus dengan kain putih.

"Nah, pada saat korban keluar itu, tersangka YS mengambil uang sebesar Rp10 juta. Sehingga, uang korban tersisa Rp10 juta lagi tanpa sepengetahuan pemiliknya,"papar AKP Mashar, mewakili Kapolres AKBP Harry Kurniawan, Selasa (14/4/2015).

Selanjutnya, papar dia, begitu korban kembali masuk kamar, YS langsung melakban kardus berisi uang yang telah dibungkus kain putih yang jumlahnya tinggal Rp10 juta lagi itu, dan lantas memberinya minyak wangi. Usai melaksanakan ritual, YS pun berpamitan pulang kepada korban.

Beberapa hari kemudian, usai salat tahajud, korban yang merasa curiga lalu membuka kardus tersebut. Nahas, saat dihitung, ternyata uang dalam kardus berkurang jadi Rp10 juta.

Merasa ditipu, korban lalu meminta YS datang ke warungnya di daerah Kampung Bendungan RT 18/05 Desa Marengmang Kecamatan Kalijati, pada Minggu sore (12/4), dengan alasan uang ada lagi dan minta agar kembali dilakukan ritual. Begitu YS datang, korban bersama warga langsung meringkus pelaku, lalu menyerahkannya ke aparat polsek.

"Tersangka diamankan ke mapolsek Minggu sore (12/4) sekitar pukul 03.00 WIB beserta barang bukti, seperti kardus bekas kopi kapal api, kain putih dan uang tunai Rp10 juta,"ujarnya.

Polisi masih terus mendalami penyelidikkan kasus tersebut dengan memeriksa keterangan dari tersangka dan korban. Perbuatan pelaku mengakibatkan korban mengalami kerugian Rp10 juta.

"Atas perbuatannya itu, tersangka dikenakan pasal penipuan dan atau Pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman penjara 5 hingga 7 tahun,"imbuh Kanit Reskrim, Aiptu Dede Kusyani


Zenal Mutaqin (zen










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)