By - - 0 Comments

JAKARTA - Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo menegaskan siap bertanggung jawab atas insiden penyerangan yang dilakukan anak buahnya di LP Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yang menyebabkan empat tahanan tewas.

"Kalau bicara siapa yang bertanggung jawab. Itu semua anak buah saya. Saya orang yang terdepan bertanggung jawab (atas penyerangan itu)," katanya kepada wartawan di Cijantung, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2013).

Dia siap menanggung semua “dosa” yang dilakukan anak buahnya. Sebab, dirinya sebagai Jenderal Kopassus yang membawahi mereka.

"Saya tidak akan bicara (pelanggaran) itu, saya serahkan kepada hukum yang berlaku di militer. Tapi 11 orang itu anak buah saya. Karena Kopassus ada komandannya, komandannya itu Jenderal Kopassus,” tegar Agus.

"Sayalah Orangnya. Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo, Komando Jenderal Pasukan Khusus. Grup I Serang. Grup II Solo. Grup III Sandy Yudha Jakarta. Pusdik Batu Jajar. Itu semua bawahan saya. Maka sayalah orang yang paling bertanggung jawab dalam institusi Kopassus. Hukum biar berjalan kita hormati,"sambungnya.

Meski demikian, anak buahnya yang terlibat itu juga tentunya akan menerima sanksi dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pasalnya, sudah ada tim yang melakukan itu. Namun demikian, dia belum memastikan apakah akan dibawa ke pengadilan militer atau tidak.

Sebagaimana diketahui, kemarin Tim Investigasi Markas Besar TNI Angkatan Darat sudah menyampaikan keterangan resmi bahwa pelaku penyerangan di LP Cebongan adalah 11 oknum anggota Kopassus Grup II Kandang Menjangan, Kartasura, Surakarta. Hal tersebut diperoleh berdasarkan pengakuan dari 11 pelaku.


(ded)