By - - 0 Comments

CIAMIS, TVBERITA.com- Para peternak ayam kampung Sentul khas Kabupaten Ciamis,  Jawa Barat, menyesalkan sikap Bupati Ciamis,  yang terkesan cuek terhadap ayam kampung Sentul tersebut, bahkan hingga kini Bupati masih belum melakukan sertifikasi untuk menjadikan ayam kampung Sentul itu, resmi menjadi ayam khas Kabupaten Ciamis.
 
Sepintas tidak ada yang berbeda dari ribuan ekor ayam,  yang berada di kandang salah satu peternak,  yang terletak di Kecamatan Ciamis,  Kabupaten Ciamis,  Jawa Barat ini,  namun ternyata ayam tersebut,  merupakan ayam asli khas Ciamis,  yang diberi julukan ayam kampung Sentul.  Bahkan ayam kampung khas Ciamis ini, selain lebih mudah dalam perawatannya, ternyata jika dikelola dengan baik, akan meghasilkan keuntungan tersendiri bagi para peternak.
 
Tidak hanya itu,  rasa daging ayam kampung yang diberi julukan ayam sentul ini,  dipercaya lebih gurih dan kenyal,  namun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ayam sentul ini, sayang tidak dibandingi dengan perhatian dari pemerintah daerah,  pasalnya hingga kini Bupati Ciamis Engkon Komara,  masih belum melakukan sertifikasi untuk menjadikan ayam kampung sentul ini,  resmi sebagai ayam khas kabupaten Ciamis.
  
Sementara itu,  entah apa kendalanya, hingga kini Bupati Ciamis,  terkesan cuek dan enggan melakukan sertifikasi untuk ayam kampung sentul ini,  padahal jika sertifikasi tersebut segera diterbitkan,  maka Kabupaten Ciamis,  tidak hanya dikenal oleh masyarakat sebagai kota obyek wisata pantai saja,  melainkan terdapat juga ciri khas ayam yang memang jarang dimiliki kabupaten lain. ( Prasasti/ Pepi irwan )