By - - 0 Comments

KARAWANG, TVBERITA.com- Menjelang mudik lebaran yang akan segera tiba dalam waktu dekat, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat melakukan inspeksi mendadak kesejumlah titik pusat arus mudik di Karawang. Kapolda memantau langsung kesiapan anggotanya dilapangan dan memberi arahan terkait operasi ketupat yang akan digelar menjelang lebaran.

Dikatakan oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Putut Bayuseno bahwa untuk mudik kali ini Polri mengerahkan sekitar 20184 personel, dibantu dengan TNI 3200 dan unsure pemda terdiri dari Dishub, Satpol Pp, Dinkes dan Pemadam Kebakaran sebanyak  9000. Kepolisian juga saat ini mulai melakukan CB (Cara Bertindak) yang baru dibanding dengan mudik tahun lalu. Yakni, memasang pos-pos polisi setiap 4-5 km yang dihubungkan dengan radio komunikasi dari orari. Sehingga masyarakat bisa memberikan informasi seputar kemacetan, laka dan kriminalitas agar anggota kepolisian bisa segera bertindak.

Sementara itu menurut Kapolres Karawang, AKBP Arman Achdiyat menjelaskan bahwa untuk para pemudik yang mengguna roda dua dapat menggunakan jalur alternative melalui Johar, Telagasari dan Cilamaya. Pihaknya juga sudah menyiapkan 28 titik pos pengamanan dan 8 titik pos pelayanan sepanjang jalur utama.  Untuk semakin mengoptimalkan pemantuan arus mudik, Korlantas Mabes Polri pun sudah memasang 4 CCTV yang terpasang  di Jomin, Dawuan, Cikalong dan Simpang Mutiara Cikampek.( Tim TVBerita.com)