By - - 0 Comments

KARAWANG, TVBERITA.com - Keberadaan kandang sapi yang berlokasi di Dusun Kerajan 2, Desa Kutagandok, Kecamatan Jayakerta, Karawang, Jawa Barat, akhir-akhir ini menjadi sorotan  warga setempat. Selain belum ada izin dari warga, kandang sapi yang jaraknya tidak jauh dari kantor sekolah Madrasah Iftidaiyah (MI) Darul Fallah tersebut sering menimbulkan bau tidak sedap yang berasal dari kotoran sapi itu.

Yadi salah seorang warga sekitar mengatakan, semenjak adanya kandang sapi di wilayahnya itu dirinya beserta warga sekitar sangat terganggu. Menurutnya, bau tidak sedap yang berasal dari kotoran sapi tersebut sering menganggu aktivitas warga terlebih dimalam hari.

Bahkan, kata dia, anak-anak sekolah juga mengeluhkan bau tidak sedap dari kandang sapi itu. Pasalnya, kandang sapi tersebut letaknya tidak jauh dari sekolah itu. Jadi wajar saja, jika mereka merasa terganggu jika sedang berada sekolah itu.

Dilanjutkannya, keberadaan kandang sapi tersebut memang sudah lama dan diduga belum ada izin dari warga setempat. Dengan demikian, ia bersama warga sangat terganggu, karena bau kotoran sapi itu mulai tercium sampai ke rumah warga hingga larut malam dan seterusnya.

Salah seorang siswa MI Darul Fallah mengatakan, ia merasa khawatir jika terus menerus menghirup udara bau akibat kotoran sapi yang berdekatan dengan sekolahnya itu. Namun, ia juga tidak bisa berbuat apa-apa dengan kondisi lingkungannya saat ini yang penting ia bisa belajar meski kondisinya bau menyengkat.

Hanya saja, ia berharap kepada Pemerintah agar secepatnya memberikan peringatan kepada sipemilik sapi itu. Jika tidak segera di tindak atau diperingati, bagai mana dengan nasib lingkungan sekolahnya dan warga sekitar yang merasa dirugikan oleh sipemilik sapi itu.

Sementara menurut kepala sekolah MI Darul Fallah Aam Amaliah mengatakan, ia juga mengaku sudah sering menerima keluhan dari siswanya terkait bau kotoran sapi itu. Namun, dirinya juga tidak bisa berbuat apa-apa lantaran tidak kuasa dan tidak patut untuk mempermasalahkan hal itu.

Jika dipandang dari segi negatif, lanjutnya, kondisi udara sudah tercemar dari bau kotoran sapi itu dan akan menyebabkan penyakit. Namun, jika dipandang dari segi positifnya siswa dapat belajar langsung mengenal lingkungannya sendiri terkait keberadaan sapi tersebut. (Husna Bahreisy)